Wednesday, November 13, 2013

Kuis Ulang Tahun Rumah Riang ke-7


Halo teman-teman,

Kali ini, Rumah Riang kembali mengadakan kuis.

Kuis ini, untuk menyambut ulang tahun ke -7 Rumah Riang.
Wah tak terasa ya, kegiatan berbagi buku sudah berlangsung sejak tanggal 21 November 2006. 

Banyak pengalaman menyenangkangkan selama mengelola Rumah Riang. Dukanya sedikiiit sekali. Itu berkat dukungan para sahabat, dan kesabaran para pengasuh rumah baca, yang  menunggu kiriman buku Rumah Riang.

Rumah Riang sangat berterima kasih pada semua sahabat yang sudah mendukung selama ini. Juga pada para penulis yang ikut memberi hadiah kuis Rumah Riang kali ini.
Nah, sebagai ungkapan syukur, Rumah Riang akan membagi-bagikan hadiah untuk para pemenang kuis.

Apa sih kuisnya? Aih, gampang saja kok. Nggak usah sulit-sulit.

Jawab langsung pertanyaan ini ya.

-  Berapakah usia Rumah Riang saat ini?
-  Apa yang teman-teman ketahui tentang Rumah Riang?
-  Apa saran dari teman-teman, untuk kemajuan Rumah Riang di masa yang akan datang?

Jawabannya langsung ditulis di komen di bawah ini ya.

Rumah Riang tunggu jawabannya sampai Kamis, 21 November 2013 (ditutup jam 24.00) dan pengumuman pemenang pada tanggal 28 November 2013.

Apa saja hadiahnya? Banyak lo!

Pemenang 1 (9 buku) :
- Buku Hari-hari Terindah Anak Muslim (Renny Yaniar)
- Buku I Love You Mom (Arleen Amidjaja)
- Buku Anak Cerdas (Dian Kristiani)
- Buku Tori dan Kawan-Kawan (Erawati Heru Wardhani)
- Buku Langitnesia (Tria Ayu)
- Buku Novel Nasi Goreng Meledak (Veronica Widyastuti)
- 2 buku Monster (Veronica Widyastuti)
- Buku Cerita-Cerita Kecil Untukmu (Mathilde May)
                               
Pemenang 2 (7 buku) :
-          Buku Dongeng Kasih Sayang (Renny Yaniar)
-          Buku I Love You Dad (Arleen Amidjaja)
-         Buku Novel Me and Lionel Messi (Veronica Widyastuti)
-         Buku Cinderella Menaklukkan Si Tongkat Bengal (Tria Ayu)
-         Buku A Potion for Granny and Other Stories (Mathilde May)
-         2 buku Monster (Veronica Widyastuti)

Pemenang 3 (5 buku) :
-         Buku 8 Kisah Indah Tentang Sakura (Renny Yaniar)
-          Buku A Potion for Granny and Other Stories (Mathilde May)
-         2 Buku Monster (Veronica Widyastuti)
-         Buku Shirley The Good Witch (Arleen Amidjaja)

Pemenang 4 dan 5 : Masing-masing akan mendapatkan satu buah book bag dan satu buku Monster karya Veronica Widyastuti

Pemenang 6 dan 7 : Masing-masing akan mendapatkan satu buah pembatas buku cantik dan satu buku Monster karya Veronica Widyastuti

Nah, tunggu apa lagi? Yuk ikutan kuis ini. Jawab di koment di bawah ini.
Jangan lupa, share juga pada teman-teman yang lain ya ^-^

Selamat berkuis ria ^-^

Rumah Riang



28 comments:

Tethy Permanasari said...

1. usia rumah riang: 7 tahun
2. rumah riang adalah tempat berbagi buku. rumah riang mengumpulkan buku lalu membagi-bagikanya ke anak-anak di seluruh pelosok indonesia. rumah riang juga menerbitkan buku-buku cantik yang gratis dibagi-bagikan. sehingga tak ada lagi anak yang tak punya bacaan. semua anak senang, karena rumah riang berbagi keceriaan pada semua anak melalui buku.
3. saran untuk rumah riang: membuat lebih banyak lagi buku gratis. memperbanyak volunter terutama daerah pelosok sehingga tak hanya anak kota yang punya buku. mengadakan kegiatan mendongeng ke daerah-daerah terpencil, tentunya sambil membawa buku. seperti para peri buku yang naik sapu lidi, terbang mengunjungi anak-anak yang sedang bosan dan bersedih :)

BERBAGI CERITA BERBAGI CERIA said...

Halo, Mbak Renny.
Pertama saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 7 untuk Rumah Riang. Semoga rumah riang terus berkembang dan terus berbagi buku untuk anak-anak di seluruh nusantara. Aamiin

Jawabannya :
1. Rumah Riang berulang tahun yang ke 7
2. Rumah Riang adalah rumah berbagi buku. Rumah Riang menerima sumbangan buku anak dari teman-teman. Nah, buku yang terkumpul nanti, akan disumbangkan kembali pada teman-teman yang akan mendirikan perpustakaan atau sudah mempunyai perpustakaan. Tujuannya, agar anak-anak di seluruh nusantara bisa mendapatkan buku bacaan, sekaligus menyebarkan kegiatan gemar membaca. Karena buku adalah jendela dunia. Selain menambah wawasan, anak-anak semakin pintar.

3. Saran saya untuk Rumah Riang, kalau bisa selalu ikut dalam berbagai kegiatan anak. Jadi Rumah Riang menjemput bola. Misalnya Rumah Riang membuka stand di acara Bobo Fair. Di sana, anak-anak yang mempunyai koleksi buku, bisa memberikan pada Rumah Riang. Selain mengenalkan Rumah Riang, anak-anak diajarkan berbagi pada teman lain. Saran lainnya, secara berkala Rumah Riang mengadakan kegiatan yang melibatkan perpustakaan kecil atau taman bacaan.

Demikian masukan dari saya, Mbak Renny.
Salam....

Ila Rizky Nidiana said...

Ikutan ya, mba Renny. :)

1. Usia Rumah Riang : 7 tahun
2. Rumah riang adalah tempat berbagi buku. Setiap bulan teman-teman yang ingin berbagi buku mengumpulkannya pada rumah riang dan akan disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan sehingga makin banyak anak yang gemar membaca buku.Sehingga seperti namanya, Rumah riang adalah sebuah oase bagi anak-anak untuk selalu ceria.
3. Meski berawal dari kegiatan perorangan, jika rumah riang ingin menjemput bola dengan aktif mengenalkan diri di komunitas penulis, blogger maupun pembaca maka akan banyak yang aktif menyalurkan buku-bukunya setiap bulan pada rumah riang. Misalnya saja, dalam waktu dekat ada event kumpul para blogger di Blogger Nusantara tanggal 30 November-1 Desember 2013, dengan target peserta sebanyak 1000 orang, tentu akan dengan mudah rumah riang mengumpulkan buku jika bekerjasama dengan panitia. Dengan menawarkan jika 1 orang blogger mengumpulkan 1 buku, maka target 1000 buku akan cepat terpenuhi. Ini pernah saya lakukan juga saat Asean Blogger.Lalu memperbanyak volunter di pelosok daerah agar tau kebutuhan anak-anak yang butuh dibantu di daerah mana saja.

veve said...

Saya ikutan ya...sebelumya selamat ulang tahun....
1 Usia Rumah Riang sekarang adalah 7 tahun
2. Rumah riang adalah suatu tempat berbagi buku bahkan juga menerbitkan buku dan membaginya secara gratis.Rumah riang mengumpulkan buku dari teman-teman yang peduli dan mebagikannya kepada kepada anak-anak di seluruh nusantara dengan harapan semakin banyak anak yang suka dan gemar membaca buku
3. Sarannya, bagaimana kalau rumah riang juga mempunya perpustakaan di seluruh nusantara, sehingga jika ada teman-teman di seluruh nusantara yang tergerak hatinya bisa langsung menyalurkan bukunya di perpustakaan tersebut.Lalu secara rutin membuat acara book fair atau acara mendongeng sehingga lebih banyak lagi anak-anak yang tertarik untuk membaca. Itu saran saya..semoga berkenan.

Griya Baca ABu_KUS said...

Salam Buka! Baca! Bisa!
Selamat Ulang tahun yang ke-7 untuk Rumah Riang. Semoga selalu istiqomah menjadi manfaat bagi sesama. Amin.
a. Rumah Riang berusia 7 tahun pada tanggal 21 November 2013
b. Rumah Riang didirikan oleh mbak Renny Yaniar dengan tujuan untuk berbagi keceriaan melalui kegiatan berbagi buku ke anak anak di seluruh Indonesia, baik yang dibuat /diterbitkan sendiri oleh mbak Renny atau sumbangan oleh pengarang buku atau donatur yang lain.
c. Saran untuk rumah riang adalah disamping agar tetap konsist pada kegiatan berbagi buku, juga sepertinya perlu untuk berbagi tips-tips terkait dengan pengembangan budaya baca/tulis. Sesekali juga perlu untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatannya. Misal lomba menulis. Sepertinya itu akan semakin menjadikan Rumah Riang benar benar ada dan dikenal tidak hanya oleh pengelola Rumah Baca, namun juga oleh anak – anak anggota Rumah Baca.

Semoga Rumah Riang semakin berkembang dan tetap istiqomah memegang amanat ini. Amin.
Salam

diary Noer said...

ikutan ya mbak...
1. Ultah Rumah Riang yang ke-7. 'Met milad ya Rumah Riang, semoga membuat semakin banyak anak Indonesia Riang, sehingga tidak ada lagi yang meRiang..he..he..
2. Rumah Riang adalah Rumah berbagi. Kegiatannya mengumpulkan sumbangan buku dari siapa saja untuk disalurkan kepada siapa saja yang membutuhkannya.
3. Saran : sosialisasi keberadaan rumah Riang lebih digencarkan, supaya yang nyumbang juga makin banyak..trus ada penawaran perwakilan tiap daerah untuk menyurvey daerah mana yang membutuhkan buku. Perlu juga bikin acara sosialisasi saat event-event besar, seperti book fair atau yang lain..(waduh..saya juga baru tahu ada Rumah Riang..)

Sri Widiyastuti said...

1. Rumah Riang ulang tahun ke-7 tahun. Selamat ulang tahunnn ^_^
2. Rumah Riang adalah nama yang diambilnya dari nama sebuah majalah yang dibuat oleh pendiri Rumah Riang, yaitu Kak Renny saat kak Renny masih SD. Subhanallah ya, masih kecil sudah membuat majalah, sudah besar membuat rumah berbagi buku :-) Hebat! Rumah Riang adalah rumah tempat berbagi buku yang ditujukan untuk anak-anak yang tidak mampu membeli buku bacaan sehingga mereka bisa memiliki kesempatan membaca buku bacaan anak yang berkualitas. Rumah Riang tak hanya menerima sumbangan buku, atau membelinya di toko buku untuk berbagi buku, tetapi Rumah Riang pun menerbitkan buku sendiri dengan nama Pustaka Riang dengan pembiayaan sendiri oleh Kak Renny dan bantuan dari sahabat-sahabatnya. volunteernya Rumah Riang rata-rata periang, jadi saya sebut saja Peri Riang :-) ada Kak Renny, Kak Era dan Kak Maya :-) *hmm ... bagaimana caranya menjadi salah satu peri riang ya? *tanya pada bunda peri ahhh ..
Oiya, selama satu tahun ini (2012-2013) Rumah Riang sudah membagikan buku gratis sebanyak 3600 buku kepada anak-anak indonesia di seluruh Indonesia. Hebat!
3. Saran: Rumah Riang membuka cabang di Luar Negeri, mungkin dengan membuka cabang akan banyak teman-teman di LN yang terketuk untuk menyumbangkan buku, atau memudahkan warga di LN untuk berbagi buku kepada anak-anak di Indonesia. Ikut mencerdaskan bangsa lewat Rumah Riang.
Rumah Riang membuka kesempatan kepada penulis bacaan anak untuk menerbitkan naskahnya di Pustaka Riang. Sehingga ada kesempatan penulis-penulis buku bacaan anak menyumbangkan buah karyanya untuk disumbangkan kepada anak-anak Indonesia.

henny rini said...

1. Rumah Riang dengan tujuan mulianya sudah berusia 7 tahun tahun ini tepatnya tanggal 21 November nanti.
2. Rumah Riang? Ehm, jujur saya juga baru tahu kali ini.setelah ublek-ublek blog ini jadi tahu apa itu Rumah Riang. Namanya pas banget dengan keadaan yang sekarang sudah ditebarkan kepada anak-anak di seluruh penjuru nusantara yang suka membaca namun minim buku bacaan, yaitu rasa riang itu sendiri. Untuk mewujudkannya Rumah Riang membeli buku-buku bacaan anak dengan uang sendiri (yang berasal dari pendirinya Mbak Renny Yaniar dibantu Mbak Era dan Mbak Maya) dan menerima sumbangan buku dari siapapun yang peduli dengan program kerja Rumah Riang. Setiap tahun banyaknya buku yang diberikan kepada anak Indonesia jumlahnya senantiasa bertambah, terbukti tahun 2012-2013 target bisa menembus 3600 buku untuk anak-anak ini. Rumah Riang juga menjadi penerbit buku bacaan anak, namanya Pustaka Riang, dimana Mbak Renny Yaniar menerbitkan bukunya juga di sini dengan dana sendiri plus dari dua bidadari tadi sebagai volunteernya, lalu menyumbangkannya ke Rumah Riang.Keren banget deh pokoknya Rumah Riang, ngiri bisa berbagi seperti ini.
3. Harapannya: Lebih eksis lagi dengan menampakkan diri di mana-mana biar banyak orang kenal (kan awalnya saya juga gak kenal lho)dan tergerak hati untuk menyumbangkan bukunya ke Rumah Riang. Target 4000 buku tahun depan insyaAllah bisa dibagikan ke anak-anak Indonesia. Tidak hanya anak Indonesia yang di dalam negeri saja lho, di luar negeri juga mengingat mereka bisa saja kesulitan mendapatkan buku bacaan negeri sendiri terutama yang bercerita tentang budaya Indonesia (agar kultur mereka dengan negeri ini tidak hilang juga karena sudah terimbas kultur luar negeri). Rumah Riang juga mampu mendata orang-orang pecinta buku yang memiliki banyak buku sehingga bisa melakukan pendekatan ke mereka agar menyumbangkan bukunya. Orang-orang ini bisa didapatkan di komunitas penulis biasanya, entah itu blogger, penulis buku, atau penulis di media. Rumah Riang dengan Pustaka Riangnya menerima penulis bacaan anak untuk menerbitkan bukunya di sana, sehingga nama Rumah Riang makin menggema tak asing lagi. Nerbitin buku bacaan anak, ya di Pustaka Riang punya Rumah Riang. Mau nyumbang buku, ya di Rumah Riang juga, karena ini tempat yang sangat pas.Rumah Riang punya data tentang kebutuhan buku bacaan anak di Nusantara sehingga buku diberikan tepat sasaran.
Waduh, maaf ya jawabnya kepanjangan. Sukses selalu buat Rumah Riang...

Sokat Rachman said...

Haihaihai, Mbak Renny Yaniar
Selamat ultah ke-7 buat Rumah Riang... semoga tetap berjalan lancar tujuan mulianya.

Sekadar ikut meramaikan HUT dengan menjawab kuiz-nya, yaitu:
1. Usia Rumah Riang sudah mencapai 7 tahun berbakti.
2. Rumah Riang adalah wadah yang dipelopori oleh Mbak Renny Yaniar dalam upaya menggalang buku dari sumbangan per individu atau organisasi yang lalu disalurkan pada anak-anak yang membutuhkan bacaan di mana pun berada.
3. saran untuk Rumah Riang: Meluaskan promosi kegiatan melalui media internet atau media lainnya agar lebih banyak orang tahu dan tergerak ikut menyumbangkan buku sehingga lebih meluas juga wilayah anak-anak yang akan mendapatkan buku. "Satu buku bacaan untuk satu anak!"

emilf said...

Halo Mbak Renny,
Selamat ulang tahun ke 7 buat Rumah Riang. Terimakasih untuk selalu berbagi buku bagi anak-anak Indonesia.Beberapa tahun lalu saya pernah mendapat buku dari Rumah Riang untuk dibaca bersama anak-anak pinggir hutan di Samboja.

Ikutan kuisnya ya Mbak:
1. Usia Rumah Riang sudah tujuh tahun
2. Rumah Riang adalah rumah kegembiraan bagi anak-anak, dengan berbagi buku untuk anak-anak Indonesia, terutama yang kurang memiliki akses terhadap buku di daerah-daerah terpencil. Setiap tahun Rumah Riang menerbitkan buku-buku menarik untuk anak-anak Indonesia dan dibagikan gratis untuk sahabat Rumah Riang. Sedangkan anak-anak yang sudah punya banyak buku bisa juga memperoleh buku dari Rumah Riang dengan menukarkan salah satu buku miliknya ke Rumah Riang. Jadi semua anak bisa bergembira. Selain itu Rumah Riang juga menginspirasi para sahabatnya untuk mendukung kegiatan Rumah Riang berbagi buku dengan anak Indonesia.

3. Saran saya untuk Rumah Riang, selain memperbanyak buku gratis bagaimana kalau Rumah Riang mengadakan even untuk anak-anak di daerah pelosok, terutama di luar jawa.

Terima kasih Mbak Renny

2wangisinya said...

Ikutan Kuis ya mba Renny,
1. Ulang tahun ke-7.
2. Baru kenal beberapa bulan terakhir dengan rumah riang (hmmm, telat sekali ya). Rumah riang adalah kegiatan berbagi buku untuk anak-anak yang suka membaca buku, namun tidak punya kesempatan untuk mendapatkan buku, mungkin karena keterbatasan ekonomi atau letak geografis, kali ya. Pokoknya idenya tentang berbagi itu keren banget. Dan ya, betul banget, kegiatan ini perlu digerakkan menjadi kebiasaan banyak orang sehingga membaca menjadi mudah dan murah bagi anak-anak.
3. Saran, mengadakan kampanya tentang ide baerbagi tersebut dengan contoh nyata yang sudah berjalan adalah Rumah Riang. Bisa juga dengan semakin mengenalkan Rumah Riang pada masyarakat luas.

Sukses untuk Rumah Riang dan Selamat Ulang Tahun.

dwimaya djohan said...

Selamat ulang tahun yang 7 buat Rumah Riang :)

7 tahun bukan waktu yang singkat untuk perjalanan Rumah Riang dan sahabat-sahabat RR lainnya berbagi kebaikan lewat buku.

Satu (dari banyak hal menarik) dari Rumah Riang adalah kegembiraan yang menular. It's like you feel at home and happy! \(^.^)/
Nah sekarang bayangkan saja kalau kegembiraan yang kita rasakan menular ke adik-adik penerima buku di seluruh Indonesia. It's that simple, isn't it?

Untuk ke depan, semoga Rumah Riang bisa dikenal lebih banyak orang, atau mungkin bisa mengadakan gathering sahabat. Siapa tahu di acara kumpul nanti akan ada ide baru lagi buat kemajuan Rumah Riang. Keep sharing good things, Rumah Riang!! I love you like a lot! ^-^

sutono suto said...

1. Usia Rumah Riang 7th

2. Rumah riang adalah tempat berbagi buku. Rumah riang mengumpulkan buku lalu membagi-bagikanya ke anak-anak di seluruh pelosok indonesia. Rumah riang juga menerbitkan buku-buku cantik yang gratis dibagi-bagikan agar tak ada lagi anak yang tak punya bacaan.
3. Saran untuk Rumah Riang, mengumpulkan anak-anak diberi pelatihan menulis atau kreatifitas lainnya agar kelak anak-anak Rumah Riang bisa mendiri

Yunita Hentika Dani said...

Salam kenal mbak Renny, dan selamat ulang tahun untuk Rumah Riang yang akan merayakan ulang tahun ke 7, semoga makin dilancarkan visi dan misinya.
Jawaban kuis :
1. Rumah Riang insyaAllah akan berusia 7 tahun pada tgl 21 November 2013.
2. Rumah Riang adalah sebuah wadah yang didirikan oleh mbak Renny Yanuar dan dibantu volunteernya mbak Era dan mbak Maya. Tujuannya mulia, berbagi ilmu dengan menyalurkan buku gratis ke anak anak yang membutuhkan, menyalurkan sumbangan dari per orangan maupun organisasi untuk disalurkan pada orang tepat. Dan hebatnya, ikut menerbitkan buku buku anak keren lewat penerbit yang diberi nama Pustaka Riang. Jadi Rumah Riang bener2 all out dalam mendedikasikan sebuah tujuan untuk mencerdaskan anak anak Indonesia lewat buku bacaan.
3. Saran untuk Rumah Riang dan Pustaka Riang :
# Lebih banyak merangkul penulis penulis anak agar ikut terlibat mendonasikan buku yang mereka terbitkan dengan kolaborasi promo buku juga dengan penerbit mereka.
# Bekerjasama dengan LSM yang berkaitan, sehingga buku tersalurkan tepat pada anak yang membutuhkan, terutama yang dipelosok.
# Bekerjasama dengan foundation dari LN, agar lebih banyak yang tahu dan peduli dengan misi keren Rumah Riang, misalnya dengan lebih banyak bersosialisasi di media luar. Saya yakin banyak yang punya tujuan yang sama dengan Rumah riang, sehingga jika kerjasama terjalin, pastinya akan semakin banyak anak anak In donesia yang bisa mendapatkan buku gratis untuk mereka baca.
Akhirnya, selamat melanjutkan mimpinya untuk Rumah Riang, semoga makin banyak yang terinspirasi, untuk ikut berpartisipasi dan bisa melakukan lebih dari apa yang sudah dimulai rumah Riang.
salam kenal untuk mbak Renny, mbak Era dan mbak Maya serta donatur2 baik hati yang telah ikut membesarkan Rumah Riang dan membuat Mimpi Rumah Riang terwujud, bertambah besar dan bermanfaat.

Renny Yaniar said...

Terima kasih, teman-teman yang komen di sini. Waaah, senangnya mendapat banyak usulan yang bisa mengembangkan Rumah Riang menjadi jauh lebih baik.
Selamat berakhir pekan. Semoga segala sesuatunya menyenangkan untuk kita semua :D

Kosasih nkos said...

Meramaikan Ulang Tahun Rumah Riang ikutan Kuisnya ah.

1. Usia Rumah Riang 7 Tahun
2. Rumah Riang adalah sebuah Lembaga/ Wadah Non Profit yang bergerak dalam gerakan literasi untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat Indonesia terutama untuk anak-anak. Kegiatannya antara lain Menerbitkan buku, menampung buku bacaan sumbangan dari pengelola dan masyarakat untuk disumbangkan kembali ke perpustakaan/ Taman Bacaan di seluruh Indonesia yang menjadi anggota/sahabat Rumah Riang. Salah Satunya Kami,..Rumah Baca Sindangkarya Karawang.
3. Saran kami Rumah Riang agar bekerja sama dengan Perusahaan di bidang CSR dalam hal pendanaan untuk terus memgkampanyekan gerakan Literasi bagi anak-anak Indonesia melalui buku, pelatihan dsb.


Salam
Kosasih
Pengelola Rumah Baca Sindangkarya Karawang

Ayuni Adesty said...

Waaah udah tujuh tahun, selamat ya! Semoga makin sukses. Wish u all the best.
Ikutan kuisnya ya mbak
1. Usia Rumah Riang : 7 tahun
2. Rumah riang adalah tempat berbagi buku. Setiap bulan teman-teman yang ingin berbagi buku mengumpulkannya pada rumah riang dan akan disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan. Rumah riang menjadi distributor sekaligus kontributor buku bacaan untuk anak-anak seluruh Indonesia. Seperti namanya, Rumah riang hadir untuk menghadirkan senyum senang di setiap wajah anak-anak Indonesia.
3. Rumah Riang bekerja sama dengan penerbit dan majalah anak-anak untuk menjadi sponsor. Siapa tahu dapat sumbangan buku anak dan majalah gratisan. He he. Jika memungkinkan, bisa juga bekerja sama dengan produk-produk sponsor makanan/minuman anak untuk lebih mendukung kegiatan sosial ini.

Ayuni Adesty said...
This comment has been removed by the author.
toke said...

1. 7 tahun
2. Rumah Riang adalah wadah berbagi buku untuk anak-anak yang tidak mampu beli buku bacaan, melalui Rumah baca, sekolah atau panti asuhan. Di harapkan setelah itu anak-anak dapat kesempatan memperoleh bacaan yang berkualitas. Rumah Riang memperoleh buku-bukunya dari pembelian di pameran-pameran, sumbangan-sumbangan atau karya sendiri dengan menerbitkan sendiri secara independen dengan nama Pustaka Riang
3. Sarannya, Membuka kesempatan anak-anak dari Rumah baca, sekolah atau panti asuhan yang menjadi sasaran untuk menerima hasil karya tulisannya,sehingga apabila tulisan itu di rasa layak untuk di terbitkan, maka Pustaka Riang bisa membantu menerbitkannya. Kelebihannya,Pustaka Rumah Riang bertambah, anak-anakpun semangat untuk terus membaca dan membaca,agar bisa berkarya lewat tulisan.... terimakasih

Selamat Ulang Tahun, sukses dan terus istiqomh.... 01 Januari nanti giliran RumahBaca kami yang ultah ke-1.... hehehe

Fatrekiesa Kartika said...

1. Usia Rumah Riang saat adalah 7 tahun.
2. Rumah Riang adalah termpat untuk membagikan buku. Buku diterima dari sumbangan orang-orang. Lalu disalurkan kepada anak-anak. Anak-anak bahagia jika diberikan buku oleh Rumah Riang.
3. Saran yang saya berikan untuk rumah riang adalah : Semoga kedepannya, Rumah Riang lebih memiliki pasokan buku yang dapat disalurkan. Rumah riang juga memiliki banyak buku yang dapat dibagi-bagikan. Dan Rumah Riang dapat membagikan buku-bukunya dengan suatu kegiatan yang mengasyikkan.

Sekian,
Selamat Ulang Tahun Rumah Riang :)

Agung Dodo Iswanto said...

1. Usianya 7 tahun

2. Sejatinya Rumah Riang bukan hanya sekedar tempat berbagi buku tapi tempat berbagi keceriaan dan kebahagiaan antara orang dewasa dan anak-anak.

3. Saran untuk Rumah Riang... Hmmmm, akan menarik sekali jika Rumah Riang membuat film pendek. Yapz, film pendek ini bercerita tentang anak-anak, buku-buku, semangat berbagi orang dewasa dan anak-anak serta perjuangan Rumah Riang dalam berbagi keceriaan dan kebahagiaan. Selain sebagai media promosi, film pendek juga bisa menyentuh orang-orang yang kurang suka membaca. Semoga dengan film pendek ini Rumah bisa semakin maju dan akan banyak lahir "Rumah Riang" yang lainnya.

Ratri Puspita said...

Hi, Rumah Riang! Selamat ulang tahun yang ketujuh, ya. Semoga panjang umur dan makin banyak anak-anak yang riang karenamu :)

Ini dia jawaban atas pertanyaanmu.

1. Berapakah usia Rumah Riang saat ini? Usianya 7 Tahun

2. Rumah Riang adalah rumah yang ramah banget sama anak-anak. Didirikan untuk memberi keriangan, keceriaan, kebahagiaan, dan tentu saja kepandaian bagi anak-anak Indonesia melalui media literasi alias buku-buku bacaan anak-anak yang bermutu. Untuk mewujudkan tujuannya, sejak tahun 2006, para volunteer Rumah Riang membagikan bacaan bergizi gratis kepada rumah baca, rumah yatim piatu, dan perpustakaan. Target Rumah Riang adalah terbaginya 3600 buku dalam kurun waktu 2012-2013

3. Saran untuk kemajuan Rumah Riang di masa yang akan datang?
* Rumah Riang menggandeng para penulis, penerbit, penikmat, dan kolektor buku anak-anak dari dalam dan luar negeri untuk menyumbangkan buku bacaan anak.
* Setelah buku-buku bacaan terdistribusi, ajak anak-anak penerima untuk memanfaatkan buku-buku tersebut secara optimal, misal: membaca massal, story telling, lomba bercerita kembali, bermain drama, dan menulis cerita yang terinspirasi dari buku yang telah dibaca. Jangan lupa, libatkan orang tua agar mempraktikkan hal serupa di rumah sehingga kegiatan terus berkesinambungan dan tidak terbatas di lokasi baca.
* Networking by volunteering. Open rekrutmen volunteer di seluruh daerah yang telah dan akan dijangkau oleh Rumah Riang untuk memudahkan distribusi, pelaksanaan kegiatan, dan controlling.
* Mengadakan roadshow dan workshop penulisan cerita anak. Hasilnya >> nulis bareng cerita anak yang diterbitkan khusus untuk didonasikan kepada rumah-rumah baca, perpustakaan umum, komunitas, dan sekolah.
* Pengadaan alat bantu bercerita sebagai pendamping proses membaca dan bercerita, misalnya boneka jari, boneka tangan, boneka kertas. Libatkan anak-anak dan volunteer untuk membuatnya.
* Giveaway untuk anak-anak yang berulang tahun.

Itu saja jawaban dan masukan dariku. Semoga masukannya bermanfaat untuk Rumah Riang.

Salam,
Ratri Ade Prima Puspita
@ratweezia

finny samantha said...

Halo Rumah Riang... selamat ulang tahun! :)

1. Tahun 2013 ini, Rumah Riang berulang tahun ke 7... horee *tiup terompet* :D

2. Rumah Riang adalah wadah berbagi bacaan untuk anak-anak di Indonesia. Awalnya, Rumah Riang merupakan judul majalah yang dibuat oleh Renny Yaniar saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Majalah tersebut ia tulis sendiri, lengkap dengan ilustrasinya dan dipublikasikan sendiri kepada teman-teman di sekitarnya. Kini, Rumah Riang berkomitmen untuk terus memajukan dunia literasi anak dengan senantiasa memberikan bacaan yang berkualitas untuk anak-anak yang kesulitan mendapatkan bacaan. Buku-buku yang disalurkan melalui Rumah Riang umumnya merupakan bantuan buku yang diberikan oleh para donatur, baik pribadi maupun kelompok. Rumah Riang juga menerbitkan buku kumcer "Dongeng Pembangkit Semangat" melalui Pustaka Riang.

3. Saran untuk Rumah Riang :
Bekerja sama dengan pemerintah dan institusi terkait untuk mengadakan (i) Festival Anak (/i) berskala nasional yang digelar maraton, dengan acara yang membangun dan mengasah kemampuan anak di bidang sastra dan seni melalui lomba dan workshop. Misalnya
*menulis cerpen,
*menggambar,
*bermain drama (yang ceritanya diangkat dari cerpen),
*membatik,
*bermain alat musik,
pokoknya hal-hal yang bisa mengeskpresikan diri, membuat pede, dan menumbuhkan rasa empati anak terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya :)

Sekali lagi, met ulang tahun yaaaa Rumah Riang... \(^___^)/

ANNISA RONA said...

1) Usia Rumah Riang 7 tahun
2) Rumah Riang (RR) itu wadah berbagi buku, yang mana setiap orang bisa menyumbangkan buku-bukunya melalui RR. Lalu oleh RR buku-buku sumbangan disalurkan ke sejumlah tempat agar makin banyak anak Indonesia gemar dan pintar membaca.
3) saran untuk RR: Bagaimana kalau RR tak hanya menyalurkan buku, tapi juga memberi pendidikan alternatif bagi anak-anak yang membutuhkan? Mengingat pendidikan di Indonesia belum merata & belum berkeadilan, maka perlu partisipasi masyarakat dalam mewujudkan akses pendidikan yang setara. Dan Rumah Riang sebagai bagian dari masyarakat, saya yakin bisa berpartisipasi. Caranya, dengan mendirikan sebuah perpustakaan di daerah pinggiran kota/pedesaan yang terpencil. Tempat tersebut selain berfungsi sebagai ‘taman’ baca juga tempat pendampingan belajar bagi anak usia dini maupun putus sekolah. Harapannya, anak-anak tersebut tercegah dari eksploitasi orangtua dan kehidupan liar jalanan. Jadi, ada nilai lebih yang didapat oleh warga sekitar. Anak-anak mereka selain mendapat bacaan, juga mengenyam pendidikan/pelatihan dari para relawan. Mengenai pengadaan perpustakaan tersebut, mungkin bisa dari donatur, swadaya masyarakat yang peduli akan pendidikan, atau dengan memanfaat ruang yang ada di sekitar daerah sasaran. Sekian, saran sederhana saya. Semoga membantu dan met ultah, Rumah Riang. ^_^

imma mukti said...

Jawab:
1. Usia RUmah Riang adalah 7 tahun.
2. Rumah Riang adalah kegiatan mba Renny Yaniar dkk untuk berbagi buku kepada anak-anak di seluruh Indonesia.
3. Saran untuk Rumah Riang: Membuka jejaring dari banyak pihak (misalnya dari penerbit),bekerjasama dengan gerakan berbagi buku yang lain, menambah volunteer, membuka book drop box di banyak tempat sehingga makin banyak buku yang terkumpul dan makin banyak anak Indonesia yang mendapatkan buku dari Rumah Riang.

Last but not least, happy birthday Rumah Riang, semoga makin banyak buku yg dibagi untuk anak Indonesia. God bless Rumah Riang, mba Renny Yaniar dan kawan2 :)

Farial Dhanni said...

Halo, Mbak Renny. Salam kenal. Senang sekali bisa menjumpai Rumah Riang. :) Saya mau ikut kuis. Semoga ada yang bisa dipetik dari keikutsertaan saya.

1. Rumah Riang berulang tahun yang ke-7. Terbayang, betapa banyak benih yang ditebar di hati dan pikiran anak-anak yang terangkul Rumah Riang. Benih ini akan tumbuh, memberi keriangan, ikut membentuk budi pekerti, dan menjadi hal yang berharga sampai dewasa.

2. Saya baru berkenalan dengan Rumah Riang di sini. Yang bisa saya paparkan tentang Rumah Riang adalah: wadah kegiatan nirlaba, menerbitkan, manerima, dan menyalurkan buku-buku anak ke banyak daerah, menyentuh dan menyayangi anak-anak dengan menghibur dan meluaskan pengetahuan anak melalui bacaan yang mendidik.

3. Saran saya untuk Rumah Riang adalah meluaskan jejaring dengan lebih banyak membagi informasi tentang Rumah Riang, seperti

#masuk ke stasiun radio

#men-tag akun penulis (apresiasi penulis tentu lebih positif karena bersentuhan dgn bidang yang erat terkait)

#bekerjasama dengan sekolah dasar untuk mengumpulkan buku dari para wali murid untuk disumbangkan

#menempel informasi nomor kontak Rumah Riang di kendaraan pendiri dan volunteer Rumah Riang

#bila memungkinkan (dan dianggap memajukan Rumah Riang), meminta dukungan dari dinas pendidikan

Sekian dari saya. Selamat ulang tahun, Rumah Riang. Semoga Mbak Renny dan kawan-kawan selalu sehat, supaya Rumah Riang terus tumbuh dan lestari.


Salam hangat,

Farial Dhanni

puja kesuma Sigit said...

ikutan kuisnya ya mb renny ..
1. pada tanggal 21 november, rumah riang berulang tahun ke-7 . selamat yaa
2. rumah Riang adalah wadah untuk mengumpulkan volunteer buku dan membagi-bagikan/ menyebarluaskan buku ke perpustakaan/ taman baca di pelosok nusantara dengan tujuan menyebarkan virus cinta baca pada anak-anak khususnya. sesuai namanya rumah riang ingin membuat anak-anak ceria dan riang gembira dalam belajar.
3.saran untuk rumah riang: bekerja sama dengan penulis, pengelola rumah baca, dan berbagai pihak untuk mengadakan workshop/sosialisasi gemar membaca. mengadakan lomba-lomba menulis atau membuat buku sendiri. membuat program/ agenda mingguan/ bulanan dan menyebarluaskan melalui jejaring sosial (online atau offline). menerbitkan buku untuk menampung hasil karya anak-anak bangsa . apabila memungkinkan bekerja sama dengan dinas pendidikan.
Semoga keberadaan rumah riang dapat memebri manfaat bagi semua. amin

Renny Yaniar said...

Terima kasih, teman-teman semua untuk partisipasinya.
KUIS HUT RUMAH RIANG KE-7 DITUTUP