Saturday, January 9, 2010

Dimulai : 3000 Buku untuk Anak-Anak Indonesia (2010)

Teman-teman,

Kegiatan berbagi buku dimulai lagi.
Kegiatan pertama adalah "1000 Buku untuk Anak-Anak Indonesia (2006-2007)".
Kegiatan kedua "1000 Buku untuk Anak-Anak Indonesia II (2007-2008)"
Kegiatan ketiga "2000 Buku untuk Anak-Anak Indonesia (2008-2009)"
Kegiatan keempat "2000 Buku untuk Anak-Anak Indonesia (2009-2010)"
dan sekarang kegiatan kelima "3000 Buku untuk Anak-Anak Indonesia (2010". Mulai tahun ini, kegiatan akan dimulai dan berakhir di tahun yang sama.

Setiap kegiatan selalu ditandai dengan penerbitan buku yang diterbitkan oleh Pustaka Riang, penerbit independen yang hanya menerbitkan buku-buku untuk kegiatan amal.
Buku-buku yang terbit bersamaan dengan kegiatan ini adalah "5 Dongeng Renny Yaniar : "Bulan yang iri Hati & 4 Cerita Lain", "Semangka-Semangka Lucu & 2 Cerita Lain", "Perjalanan Para Lobster", "Tuan Lokomotif & Dongeng-Dongeng Lain", dan "11 Dongeng stimewa untuk Anak-Anak yang Istimewa".

Karena ini kegiatan perorangan dan hanya dilakukan di kala sempat, memasuki tahun ke-5, tak banyak yang berubah kecuali jumlah buku yang disumbangkan. Dana untuk mencetak buku berasal dari uang pribadi dan sumbangan teman-teman yang peduli. Dan dana untuk membeli tambahan buku dan pengiriman juga ditanggung dari kocek pribadi.

Ada banyak suka cita ketika mengerjakan kegiatan ini. Betul kalimat yang mengatakan, "Memberi membuat hati kita bahagia." Namun tak sedikit juga pengalaman yang tidak enak. Walau begitu, saya tidak ingin menghentikan kegiatan ini. Bahkan seiring waktu, saya ingin jumlah buku yang diberikan akan makin banyak dan makin banyak. Sesuatu yang tampaknya tak berarti, bukan tidak mungkin menjadi besar.

Itu sebabnya saya percaya dengan kegiatan perorangan. Kegiatan masing-masing yang kalau dilakukan serentak, akan menimbulkan akibat yang signifikan. Kalau setiap orang yang mampu, memberikan 1 buku saja setiap bulannya pada anak-anak yang membutuhkan bacaan, hasilnya akan sangat luar biasa.

Dalam waktu dekat, Pustaka Riang akan menerbitkan buku gratis yang ke-6. Seperti biasa, untuk memeriahkan kegiatan bagi-bagi buku, yang sebetulnya lebih banyak berjalan dalam kesunyian. Walau sediam apa pun, saya tetap mengajak teman-teman untuk berbagi. Mari kita buat anak-anak Indonesia, yang merupakan anak-anak kita semua mendapatkan pengetahuan dan kebahagiaan dari bacaan.

Terima kasih untuk teman-teman yang selama ini sudah setulus hati membantu kegiatan saya. I love you all.
(Renny)

1 comment:

HM Books said...

halo mba renny,
saya retno yg dulu pernah ke mombi, dan meminta mb renny menjadi kontributor saya.
kalau saya ingin menyumbang buku anak, apakah buku itu harus ada syarat2 tertentu?
dan saya kirim kemana ya?
terima kasih :)